LAPORAN BACAAN 10
Hakikat Strategi Pembelajaran
Kompetensi Supervisi Akademik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh para pengawas satuan pendidikan. Kompetensi ini berkenaan dengan kemampuan pengawas dalam rangka pembinaan dan pengembangan kemampuan guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan bimbingan di sekolah/satuan pendidikan. Secara spesifik pengawas satuan pendidikan harus memiliki kemampuan untuk membantu guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran, serta dapat memilih strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran.
Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dapat diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal (J. R. David, 1976). Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertenu. Dalam hal ini adalah tujuan pembelajaran.
Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara siswa dengan lingkungannya. Oleh karena itu, lingkungan perlu diatur sedemikian rupa sehingga timbul reaksi siswa ke arah perubahan perilaku yang diinginkan Pengaturan lingkungan tersebut, meliputi analisis kebutuhan siswa, karakteristik siswa, perumusan tujuan, penentuan materi pelajaran, pemilihan strategi yang sesuai, serta media pembelajaran yang diperlukan. Jadi, strategi pembelajaran merupakan salah satu unsur yang penting dipahami oleh guru. Strategi pembelajaran disusun berdasarkan suatu pendekatan tertentu.
Strategi pembelajaran terdiri atas semua komponen materi pelajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
Strategi pembelajaran juga dapat diartikan sebagai pola kegiatan pembelajaran yang dipilih dan digunakan guru secara kontekstual, sesuai dengan karakteristik siswa, kondisi sekolah, lingkungan sekitar serta tujuan khusus pembelajaran yang dirumuskan. Gerlach & Ely (1980) juga mengatakan bahwa perlu adanya kaitan antara strategi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran, agar diperoleh langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Strategi pembelajaran terdiri dari metode dan teknik (prosedur) yang akan menjamin bahwa siswa akan betul-betul mencapai tujuan pembelajaran.
Pada dasarnya strategi tersebut adalah suatu pola yang direncanakan dan ditetapkan secara sengaja untuk melakukan kegiatan atau tindakan. Dihubungkan dengan pembelajaran berarti pola-pola umum kegiatan guru-anak didik dalam perwujudan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Berdasarkan uraian di atas, ada empat strategi dasar dalam pembelajaran yang harus diketahui oleh guru, yaitu:
1. Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan perilaku peserta didik yang diharapkan,
2. Memilih sistem pendekatan pembelajaran,
3. Memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik pembelajaran yang dianggap efektif, dan
4. Menetapkan norma kegiatan atau kriteria keberhasilan pembelajaran, sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melaksanakan evaluasi hasil kegiatan pembelajaran.
Ada beberapa istilah yang memiliki keterkaitan makna dengan strategi pembelajaran yaitu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
1. Pendekatan (Approach)
Pendekatan (approach) merupakan titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran.
2. Metode
Metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Jadi strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu, sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi. Dengan demikian suatu strategi dapat dilaksanakan dengan berbagai metode.
3. Teknik
Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode. Misalnya, cara yang harus dilakukan agar metode ceramah berjalan efektif dan efisien. Dengan demikian, sebelum seseorang melakukan proses ceramah sebaiknya memperhatikan kondisi dan situasi. Misalnya, berceramah pada siang hari setelah makan siang dengan jumlah siswa yang banyak tentu saja akan berbeda jika ceramah itu dilakukan pada pagi hari dengan jumlah siswa yang terbatas.
Selain teknik, terdapat lagi istilah lain yaitu taktik mengajar. Taktik adalah gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu. Taktik sifatnya lebih individual, walaupun dua orang sama-sama menggunakan metode ceramah dalam situasi dan kondisi yang sama, sudah pasti mereka akan melakukannya secara berbeda. Misalnya dalam taktik menggunakan ilustrasi atau menggunakan gaya bahasa agar materi yang disampaikan mudah dipahami.
Dari penjelasan di atas. Dapat disimpulkan bahwa suatu strategi pembelajaran yang diterapkan guru akan tergantung pada pendekatan yang digunakan, sedangkan bagaimana menjalankan strategi itu dapat ditetapkan berbagai metode pembelajaran. Dalam upaya menjalankan metode pembelajaran guru dapat menentukan teknik yang dianggapnya relevan dengan metode, dan penggunaan teknik itu setiap guru memiliki taktik yang mungkin berbeda antara guru yang satu dengan yang lain.
Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran
Pembelajaran pada dasarnya adalah proses penambahan informasi dan kemampuan baru. Ketika kita berpikir informasi dan kemampuan apa yang harus dimiliki oleh siswa, maka pada saat itu juga kita sebenarnya berpikir strategi apa yang harus digunakan agar semua itu dapat tercapai secara efektif dan efisien. Berikut dikemukakan beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum memilih strategi pembelajaran.
1. Indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Setiap kegiatan pembelajaran terdapat kompetensi yang harus dimiliki peserta didik, yang terjabar dalam indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran.
Pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukan adalah:
• Apakah indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai berkenaan dengan aspek kognitif, afektif, atau
• Bagaimana kompleksitas indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, apakah tingkat tinggi atau rendah?
• Apakah untuk mencapai tujuan pembelajaran itu memerlukan keterampilan akademis?
2. Materi ajar atau materi pembelajaran
Pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukan adalah:
• apakah materi ajar yang akan disampaikan itu berupa fakta, konsep, hukum. atau problematis?
• apakah materi ajar yang akan disampaikan itu memerlukan prasyarat tertentu?
• apakah tersedia buku-buku sumber untuk memperdalam materi tersebut
3. Karakteristik anak didik sebagai peserta didik
• Apakah strategi pembelajaran yang akan digunakan sesuai dengan tingkat kematangan anak?
• Apakah strategi pembelajaran yang akan digunakan sesuai dengan minat, dan kondisi anak?
• Apakah strategi pembelajaran yang akan digunakan sesuai dengan gaya belajar siswa?.
4. Media pembelajaran
Pertanyaan yang dapat diajukan adalah:
• Apakah tersedia media pembelajaran yang dapat menunjang strategi yang akan digunakan?
• Apakah media yang digunakan sesuai dengan karakteristik siswa
baguss
BalasHapusbagusss bangettt
BalasHapus